Keajaiban Madu Lebah Bagi Kesehatan

Biologi Lebah Madu

Mungkin siapa saja telah mengenal dan mengetahui khasiat dan manfaat madu lebah bagi kesehatan, mulai dari zaman dahulu hingga kini madu masih tetap diyakini sebagai obat penyembuh berbagai penyakit dan sebagai nutrisi serta penjaga stamina tubuh.

Lebah Madu asli Medan dan Tulen 100%
Lebah Madu Menghisap Nectar Serbuk Sari

Lebah termasuk familia Apidae (ordo Hymenoptera : Serangga bersayap selaput), sering membuat sarang di atas bukit, pohon kayu besar, ada juga ditemui di atap rumah, dan tempat tempat yang susah dijangkau, sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi dari kelenjar kelenjar lebah betina muda, makanannya berasal dari nektar bunga dan serbuk sari,  saat ini banyak yang beternak lebah dalam sebuah kotak kayu yang dirancang sedemikian rupa.

Madu adalah produk hasil pengolahan makanan yang dimuntahkan kembali dari dalam tubuh lebah dan disimpan untuk sebagai cadangan makanan

Keunikan cara hidup lebah dapat dilihat dari kasta yang ada dalam kelompok atau disebut dengan koloni, ada tiga kasta, yaitu :
  1. Lebah Ratu, merupakan induk bagi semua lebah dalam koloni dan berjenis betina, tugasnya mengawal semua kegiatan lebah betina dan jantan.
  2. Lebah Betina, merupakan lebah pekerja yang jumlahnya mencapai puluhan ribu, kerjanya mengumpulkan nektar dan serbuk sari
  3. Lebah Jantan, jumlah hanya ratusan saja, bertugas mengawini lebah ratu muda yang masih perawan dan ia akan mati setelah itu.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu mempunyai banyak manfaat dan mengandung banyak komponen yang telah diuji sangat baik bagi kesehatan, kandungan madu meliputi, gula (glukosa dan fruktosa) dan mineral (magnesium, potassium, kalsium, sodium klorin, belerang, zat besi dan fostat). Terlebih lagi yang paling penting dari Madu adalah kandungan vitaminnya, yaitu B1, B2, C, B6, B5 dan B3.

Bahkan yang luar biasanya, Al Qur'an telah menyebutkan pada Surah An Nahl pada Ayat 68-69, bahwa Allah SWT telah berfirman bahwa Madu  memiliki manfaat bagi kesehatan.

Yellow Pages Telkom Indonesia
QUR'AN Surah An Nahl Ayat : 68-69

 Dengan mengkonsumsi Madu Lebah, kita akan mendapat keuntungan, sebagai berikut :
  • Madu mudah dicerna karena molekul gula dalam madu lebah mudah sekali diubah dari glukosa menjadi fruktosa sehingga membantu mempercepat proses pencernaan dan menjadikan percernaan berfungsi lebih maksimal
  • Madu merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit kanker dan liver
  • Madu berkalori rendah, bila dibandingkan dengan bahan lain, kalori kadar gulanya lebih rendah 40 %.
  • Madu cepat menyebar dalam  darah, bila ditambah dengan air dalam waktu 7 menit, madu langsung menyebar dalam darah
  • Madu mendukung pembentukan sel darah merah karena madu menyediakan energi penting yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah sekaligus membersihkan darah
  • Madu tidak mengakomodasi bakteri yang merugikan manusia. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keajaiban Madu Lebah Bagi Kesehatan"

Posting Komentar